Kamis, 06 Januari 2011

Database Software DB2

DB2 adalah produk Sistem Manajemen Hubungan Database dari IBM atau sekarang yang populer disebut Data Server yang dimana merupakan Perangkat Lunak Manajemen Informasi. Kebanyakan DB2 disebut juga sebagai DB2 Enterprise Server Edition atau top of the line DB2 DAta Warehouse Edition (DB2 DWE) yang berjalan pada Unix, Windows dan Linux Server.

Sejarah DB2

DB2 Nama pertama kali diberikan kepada Database Management System atau DBMS yang pada tahun 1983 ketika IBM merilis DB2 pada Surat MVS mainframe platform. Sebelum ini, produk serupa bernama SQL / DS pada platform VM. Sistem sebelumnya 38 platform juga berisi DBMS relasional. Sistem Relasional , atau Sistem R , adalah prototipe riset yang dikembangkan pada tahun 1970an. DB2 berakar kembali ke awal 1970-an ketika EF Codd , bekerja untuk IBM, menjelaskan teori database relasional dan pada Juni 1970 menerbitkan model untuk manipulasi data. Untuk menerapkan model Codd diperlukan suatu bahasa database relasional yang bernama Alpha. Pada waktu itu IBM tidak percaya pada potensi ide Codd, meninggalkan pelaksanaannya kepada sekelompok programmer tidak di bawah pengawasan Codd, yang melanggar beberapa dasar-dasar model relasional Codd's, hasilnya adalah Inggris Structured Query Language atau Sekuel. Ketika IBM meluncurkan produk relational database pertama, mereka ingin memiliki sub-bahasa komersial yang berkualitas juga, sehingga dibongkar sekuel dan berganti nama menjadi bahasa pada dasarnya baru (Sistem Query Language) SQL untuk membedakannya dari sekuel.

Informasi Teknis

DB2 dapat diberikan baik dari baris-perintah atau GUI. Antarmuka baris perintah membutuhkan pengetahuan lebih dari produk tetapi dapat lebih mudah ditulis dan otomatis. GUI adalah platform multi-Java klien yang berisi berbagai tuntunan cocok untuk pengguna pemula. DB2 mendukung SQL dan XQuery . DB2 memiliki implementasi asli penyimpanan data XML, di mana XML data disimpan sebagai XML (bukan sebagai data relasional atau data CLOB) untuk akses lebih cepat menggunakan XQuery.

DB2 telah API untuk REXX , PL / I , COBOL , RPG , FORTRAN , C + + , C , Delphi , . NET CLI , Java , Python , Perl , PHP , Ruby , dan banyak bahasa pemrograman lainnya. DB2 juga mendukung integrasi ke dalam Eclipse dan Visual Studio. NET lingkungan pengembangan terintegrasi .

User Groups

IDUG adalah International DB2 Users Group , independen, tidak-untuk keuntungan asosiasi profesional TI-yang menggunakan DB2 IBM. IDUG menyediakan pendidikan, sumber daya teknis, peer kesempatan jaringan, sumber daya online dan program lain yang memungkinkan pengguna DB2 dapat meningkatkan kemampuan mereka untuk DB2 leverage untuk mencapai tujuan pribadi dan profesional.

Daerah Banyak kelompok pengguna juga ada, menyediakan tingkat yang bahkan lebih rinci dari dukungan untuk semua pengguna DB2. Los Angeles DB2 Users Group adalah contoh yang baik dari dukungan lokal.

by: en.wikipedia.org/wiki/IBM_DB2

1 komentar: